468x60 Ads

Rabu, 28 Januari 2015

Testimoni Alumni Multimedia 2013 di MD dalam Adit Sapa Jarwo

Cut Amalia

Saya Cut Amalia, biasa dipanggil Caca. Lahir di Solo, 22 Februari 1995. Saya lulusan dari SMKN6 Solo jurusan Multimedia. Karena saya tidak terlalu suka dengan hal yang berbau teori saya merasa sangat tepat mengambil jurusan Multimedia. Di jurusan ini banyak pelajaran kejuruan yang di lakukan secara praktik bukan teori. Di sini siswa sudah dibekali dengan praktik industri sejak kelas X. Dan itu membuat saya merasa tidak canggung mencari pekerjaan setelah lulus dari sini.
Saya lulus tahun 2013/2014 dan langsung mengikuti pelatihan di sanggar animasi di Solo yang diikuti sebanyak kurang lebih 40 anak dari Multimedia SMK6. Saya memilih untuk tidak kuliah karena saya pikir ini adalah kesempatan besar kami untuk menjadi sesuatu, walaupun sebelumnya orang tua melarang saya.
Setelah mendapat izin, saya mengikuti pelatihan selama 4 bulan. Pada bulan ke 3 kami mengikuti tes seleksi masuk BBLKI Solo, dan pada seleksi itu 36 anak SMK 6 terpilih.
Setelah mengikuti pelatihan di BBLKI selama kurang lebih 3 bulan, kami mengikuti beberapa tes dari MD Animation, selain itu kami mengumpulkan beberapa portovolio. Terpilihlah 7 anak SMK 6.
Kemudian kami mengikuti pelatihan lagi untuk mematangkan skill. Disitulah kami mulai hamper menyerah karena bisa dibilang kami tidak berangkat juga setelah bulan ke 2. Walaupun mulai ragu, tapi saya pikir saya harus terus melanjutkan, karena masuk MD lah yang saya ingin kan seletah lulus.
Kami diberangkatkan pada 4 Januari 2014 ke Jakarta sejumlah 6 siswa SMK 6. Di sana kami masih di training selama 1 bulan, dan setelah itu kami ditempatkan di devisi kami masing-masing sesuai dengan skill kami.



Dan sekarang, kalian bisa melihat kami sebagai Adit dan Sopo Jarwo.
 

==========================

Zulaikah Kurniawati

Nama saya zulaikah kurniawati. Biasa dipanggil majul. Lahir tanggal 6 desember 1994 di karanganyar. Saya tinggal di palur, ngringo.
Saya hobi menggambar dan sangat menyukai movie. Saya menggambar hanya sekedar ingin atau mengungkapkan suana hati saja. sejak sekolah (smp) mulai mengajarkan komputer, saya mulai menyukai komputer. Dan berharap bisa mendalaminya setelah lulus smp. Ya .. Saya memutuskan masuk smk6 multimedia. Mulanya itu bukan keinginan saya karna saya tidak benar2 mengenal smk6. Saya cenderung tidak mengenal apapun saat kecil. Smk6 adalah rekomendasi teman smp saya yang berniat sekolah disana. Saya tidak punya pandangan, saat itu.
Dengan susah payah dan doa akhirnya saya resmi menjadi salah satu murid smk6 multimedia 2. Waow. Sangat suka seragam produktif mm. 3 tahun saya mencari jati diri mau jadi apa saya nanti.
saya temukan otak kanan saya yang paling lancar. Hal itu membuat saya yakin memilih "besok aku akan bekerja dibagian seni. Tapi apa?


Di tahun ketiga akhir. Setelah sekian lama saya berdoa pada tuhan minta petunjuk (alay) mau kemana saya setelah lulus smk nanti. Datanglah orang orang pelatihan animasi. Dengan yakin saya bilang akan mengikuti pelatihan Animasi. Setelah lulus saya mengikuti pelatihan selama 6 bln. walau sebenarnya saat menjalani pelatihan saya tidak yakin akan lulus jika diadakan seleksi nanti. Saya mengikuti banyak tes masuk MD Animasi.  Dengan keyakinan yang saya bangun serta skil animasi yang saya masih berusaha keras, akhirnya saya adalah calon pegawai MD Animasi.
Dengan usaha dan doa akirnya terpilih 10 dari 47 orang mengikuti pemantapan materi. kami Menyesuaikan keterampilan masing2 dengan skil yang dibutuhkan perusahaan. Setelah 1 bln lebih 2 minggu, kami berangkat jakarta. Selama satu bln training dengan pengawasan QC masing2. Kami ditempatkan di berbagai macam divisi. Dan siap Produksi. Saya ditempatkan di divisi Layout (3D layout). Kami (layout artis) spesialis kamera di 3D animasi. Tidak hanya kamera, kami juga staging dan mempersiapkan properti yang diperlukan sesuai storyboard. Sudah 1 th saya bekerja di bidang ini. Dan sangat bangga menjadi bagian dari karya2 disini.

Trima kasih pada para guru SMKN6 khususnya guru multimedia, yang memberi kami kesempatan mengenal animasi yang sekarang telah menjadi bidang saya. Trimakasih SMKN 6 Surakarta. 

=========================
Febri
Hai..
Kenalin, aku Febri. Aku seorang lighting Artist di MD ANIMATION Jakarta.

Nama lengkap ku Febri Indriya Safitri, waktu sekolah SMK banyak panggilan buat aku nih, ada pepi, pebri, ada yg manggil pebi, ada empeeeep, beh pokoknya banyak dah :D

Aku adalah alumni SMK Negeri 6 Surakarta. Aku masuk smk viska itu tahun 2010 yang lalu, aku masuk jurusan multimedia saat itu.

Di jurusan aku tu asik banget pelajaran pelajarannya, mulai dari grafis sampai video video gitu.
Asli asik deh, semuanya kita pelajari selama 3 tahun itu.
Suka duka kita jalani bersama :D
Masih keinget tu klo tugas udah numpuk dan kita dikejar kejar DEADLINE....
Waaaaah rasanya tu uwow banget... Hahahaa
#maaf cerewet banget ya akunya :D hehe

Selepas aku lulus dari smk, tepatnya taun 2013 yg lalu, aku ikut semacam kursus gitu, di daerah mojosongo, solo.
Disana gak cuma aku sih yang ikut kursus, banyak juga dari smk 6 jurusan multimedia yang seperjuangan sama aku..hehe
Disana, emm di tempat kursus aku, namanya GMC, aku diberi pelatihan tentang apa itu animasi 3D.
Mulai dari basicnya aku dapatkan dri situ, karna memang sebelumnya aku belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang animasi 3D.

Aku ditraining selama 3 bulan, tapi ternyata saat ada tes masuk MD ANIMATION sangat disayangkan sekali aku blm lolos, alhasil aku belum bisa berangkat deh ke jakarta..hoho Tapi prrjuangan aku belum berhenti sampai disitu lho :p Aku sempet ikut tes yang kedua tapi aku masih belum lolos juga. Sampai saatnya aku merasa menyerah dan aku memutuskan untuk keluar.

Aku mencoba mencari pekerjaan. Akhirnya akupun mendapatkan sebuah pekerjaan di sebuah pabrik textile yang berada di daerah Boyolali. Disana aku ditempatkan di bagian/divisi IE atau Industrial Engineering. Kata leader aku kita divisi yang selalu mensupport produksi gitu. Tapi pekerjaan ini tak ku jalani lama. Mungkin karna rasa ku nggak disini kali yaaa....hehe

Aku pun memutuskan untuk keluar dari pabrik. Banyak yang menyayangkan aku keluar dari sana, tapi aku punya keyakinan bahwa insya Allah masih ada jalan yang lain untuk aku. Selepas aku keluar dari pabrik aku melalui masa masa vaccum gitu.. Hehe
Dirumah cuma nganggur alias nggak ada kerjaan :D selama hampir sebulan aku nganggur seperti itu.

Tiba tiba aku dapat kabar dari GMC kalau akan diadakan tes lagi untuk berangkat ke MD Animation Jarkarta. Karena aku juga lagi nganggur akhirnya aku mencoba untuk ikut tes itu. Aku nggak sendiri sih, waktu itu ada siti, ita, intan, sony, dan alba. Saat tes itu aku sampe nginep di GMC lho, hahaha berharap apa yang aku dan temen temen lakuin ini nggak sia sia. Alhamdulillah setelah ada pengumuman kalau kita lolos tes, aku sangat bersyukur akhirnya aku bisa membuktikan ke keluarga, kalau aku masih bisa berjuang di bidang animasi yang pernah ku pelajari.
Namanya juga anak cewek dan mau merantau ke Jakarta, first time sih keluarga merasa berat banget, begitu pun dengan ku...hehe Tapi ini sudah menjadi keputusan ku dan keinginan ku, akhirnya keluarga bisa ikhlas melepas aku merantau :"

Aku dan teman teman berangkat ke Jakarta dengan menyewa travel. Perjalanan kita panjang lho teman teman :D, Kita berangkat dari GMC Mojosongo menuju Jalan Tanah Abang 3 no. 23A, Gambir, Jakarta Pusat (alamat kantor aku sekarang) :) kira kira sore jam 5.an dan sampai di Jakarta di kemudian harinya jam 10.an pagi kalau nggak salah (maaf karna udah beberapa bulan yang lalu, jadi ada yang lupa :D).

Sampai disana kita langsung ke kantornya dan disana kebetulan kantor lagi libur soalnya saat itu hari sabtu, aku sempet bertemu dengan Mas Hariyanto dan rekan kita Nina. Mas Hariyanto dan teman teman dari Solo banyak membantu kita di Jakarta saat itu.
Panjang banget ya nih cerita :D aku percepat yaa..hehe durasi nih durasi :v
Kita langsung ke TC alias Training Center yaaaaa :)

Di Md, kita ditraining dulu teman, selama kurang lebih 2 bulan di training center. Di TC kita diajari lagi mulai dari awal, tapi metode belajarnya beda. Di TC materinya lebih mateng lagi.

Setelah dapat pelatihan di TC ternyata aku diambil buat masuk divisi lighting, kurang lebih sekitar 2 mingguan aku dikasih materi tentang light dari senior lighting langsung..hehe

Di divisi aku, aku dapat tambahan ilmu dan dapet pelajaran baru lagi :) Sampai sekarang alhamdulillah aku masih berjuang di divisi lighting. Ni ada sedikit hasil belajar aku yang masih jelek :D mohon dimaklumi yaa...hehe

 =======================================


Ita Ummaya..
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai teman-temanku .. Perkenalkan namaku Ita Ummaya, biasa dipanggil Ita ataupun Umay hehe... Emm langsung aja yak hehe..
Aku alumni SMK N 6 Surakarta tepatnya tahun 2013 yang lalu. Aku mantan murid MM1 hloh.. hehe. Lulus dari SMK N 6 Surakarta aku mengikuti pelatihan animasi yang dikenal dengan sebutan GMC. Di dalam pelatihan tersebut aku dapat banyak ilmu tentang animasi 3D, terutama menganimate karakter 3D. Kurang lebih 1 bulan di GMC aku dipindah ke BBLKI, tapi tetep animasi juga dengan trainer yang sama dan teman yang sama, hanya tempatnya saja yang berbeda hehe.
Setelah 2 bulan belajar diadakan test untuk masuk ke MD Animation. Tapi sayang sekali aku belum lolos. Aku tetep berjuang dengan tetep belajar di GMC. Tapi lama kelamaan aku bosan menunggu, dan ingin cepat bekerja (masak mau minta uang jajan terus ma ortu). Lalu aku  bekerja di pabrik plastik. Kurang lebih 7 bulan bekerja di pabrik plastik, aku dapat kabar dari seorang teman sekaligus sahabatku, katanya ada test untuk masuk MD lagi.
Akhirnya aku memutuskan untuk ikut test tersebut. Dan jadilah aku membolos kerja untuk ikut test tersebut. Test diadakan di GMC, tepatnya didaerah Mojosongo. Tau gak temen-temen aku sampe gak tidur hlo ngerjain testnya, mana esok harinya aku harus masuk kerja lagi. Tapi ya gapapa lah dinikmatin aja hehe.
Gak berapa lama ada pengumuman test tersebut. Dan jeng-jeng ternyata aku lolos test, aku sangat bersyukur. Setelah itu aku dan temen-temen yang lain berangkat ke Jakarta. Sampai di jakarta kita di training dulu, sebutan tempat training ini adalah TC (Training Center). Di TC kita benar-benar dilatih dan tentunya mendapatkan buaanyaakk ilmu baru. Di TC kita penuh perjuangan hloh, dapat omelan trus dari trainer. Tapi kita semua tahu itu semua untuk kebaikan kita sendiri.
Setelah lebih dari 1 bulan di TC, aku dan ketiga temenku akhirnya masuk produksi juga dan ditempatkan di divisi layout. Layout adalah tata letak kamera, kalau dalam sebuah film disebut kameramen. Di divisi layout kita tetep di training lagi tapi hanya sekitar 1 minggu. Di produksi kita gak hanya mendapat banyak ilmu tapi juga mendapat banyak teman. Disini teman-temannya seru-seru semua, dan gokil-gokil semua hehe.
Intinya satu teman-temanku, di MD Animation inilah awal perjuanganku yang sesungguhnya :)
Buat kalian semua belajar yang rajin ya biar nilai UN nya bagus hehe. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah. Jangan lupa tonton terus Adit & Sopo Jarwo dan Tendangan Halilintar ya hehe. Maap promosi dikit :) Peace
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
=================


RURI DIAN SARI
                                                                                                                                             
Assalamualaikum wr.wb
                Hai sobat, Nama saya ruri dian sari , panggilan ruri, umur 19. Saya asli solo J. Saat ini saya bekerja di MD Animasi sebagai Layout 3D Artist. Saat ini project yg sedang kami kerjakan adalah ASJ (Adit & Sopo Jarwo ) yg tayang di MNC TV. Kalian semua pasti sudah sering melihatnya bukan?.
                Saya ingin berbagi pengalaman kepada kalian semua, perjalanan saya dari lulus Smk sampai bisa bekerja di MD saat ini, Langsung saja ya saya ceritakan.. J
 Semua berawal saat saya duduk dikelas III, SMKN 6 Surakarta. Jika kita sudah kelas 3 smk tentu kita akan menyiapkan diri untuk melanjutkan kuliah atau bekerja bukan..? pada saat itu saya ingin melanjutkan kuliah supaya saya memiliki masa depan yg lebih baik,, tapi ada hal yg mengganggu saya. Saya tidak tau, mau mengambil jurusan apa?.-__-  Dan pada saat saya dilanda dilema untuk memutuskan jurusan yg mau saya ambil (taukan kebayang gimana galaunya saat itu hehe) kebetulan,Saat itu di Smk saya ada penawaran kursus Animasi 3D. Saya diberi tau oleh  bpk Darsono, guru saya saat itu. Bahwa ini adalah peluang bagi kita semua, dan saya tertarik akan hal itu,, saya mulai mengikuti seminar yg diadakan oleh GMC. kemudian saya berfikir, dari pada galau memikirkan mau lanjut kuliah jurusan apa, saya mengambil keputusan untuk mengikuti  pelatihan tersebut karna saya suka animasi karna itu hal baru, jadi  saya sangaat bersemangat sekali untuk mencobanya.
                Setelah lulus sekolah dari smkn 6 ska, saya langsung mengikuti kursus di GMC. Pelatihannya 4 bulan,,saya dan teman” yg lain sangat bersemangat menjalani pelatihan itu.. tempat pelatihan cukup jauh dari rumah saya kira” butuh waktu 30-40 menit dengan mengendarai sepeda motor.dan saat itu saya mendapat sift malam. Setiap hari saya menempuh jarak yg jauh tetapi itu bukan hal yg perlu dikeluhkan,, itu adalah bagian dari perjuangan saya, satu bulan pelatihan ada penawaran dari lembaga BLKI disana disediakan tempat dan fasilitas computer untuk pelatihan selama 3 bulan dan gratis. Saat itu yg diambil Cuma 40 orang, jadi diadakan seleksi untuk dapat disana, Alhamdulillah saya salah satu yg lolos dari seleksi itu.. suka duka yg saya dan teman” alami saat pelatihan sangatlah banyak dan tidak cukup kalau saya menceritakan sekarang. Hehehe..  setelah pelatihan selama 4 bulan saya kembali latihan di GMC.. saat saya kembali kepelatihan di GMC,, GMC sudah pindah tempat, karna suatu musibah,,gedung  tempat pelatihan yg dulu mendapat musibah kebakaran,slalu saja ad cobaan disela” perjuangan ini ,tapi itu tidaklah menyurutkan perjuangan kami.dan lagi  Tempat yg baru tidaklah jauh berbeda dari yg lama yaitu sama sama jauh dari rumah saya,, setiap harinya saya tempuh dng sepeda motor saya, saya dan teman” bisa seharian penuh untuk berlatih,, berangkat pagi pulang malam,, terik panas matahari sampai dinginnya air hujan sudah menjadi hal biasa,, bahkan banyak dari teman” saya yg sampai menginap ditempat pelatihan,, semua suka duka itu kami lewati dengan penuh harap,, hingga datanglah  ujian seleksi tahap satu dari GMC, entah ap yg saya pikirkan ap yg saya lakukan semua seolah sia”,, karna saat ujian tahap satu itu saya tidak lolos.. itu sangat membuat saya down.
 Saya sangat bersedih, tapi saya berfikir buat apa saya bersedih dan tidak melakukan apa”? pokoknya saya harus melakukan sesuatu untuk mewujudkan keinginan saya.. dan saya dengar kita boleh mengikuti ujian tahap 2 yg langsung diseleksi oleh orang” dari MD..  asal saya mengumpulkan portofolio sebanyak”nya dan sebagus mungkin.. inilah kesempatan terakhir saya.. saya pikir jika saat ini saya gagal lagi maka tidak akan ada kesempatan lagi.. saya mulai bangkit lagi,, saya kumpulkan sisa” semangat saya.. setiap hari saya membuat karya” hingga larut malam.. tiba saatnya untuk mengumpulkan fortofolio  dan waktu pengujian tahap 2 dimulai,, saya terus menyemangati diri saya sendiri. Pada saat ujian saya kerahkan seluruh kemampuan saya dan tentunya tidak lupa berdoa kepada Allah. Karna sebuah” usaha tanpa doa sama dengan halnya Sombong dan doa tanpa usaha adalah Bohong”. Pada hari itu semua berkumpul dipelatihan bersiap untuk seleksi. Ujian tahap 2 dibagi menjadi 2 kelompok,, pagi sampai siang, sore sampai malam. Rasa khawatir,semangat gugup bahagia menjadi satu. Dan ujian hari itu berakhir sudah, tepat pukul 11 malam saya pulang kerumah, karna rumah teman saya jauh 2 orang teman saya ajak menginap dirumah karena besok pagi saya harus kembali kepelatihan untuk menunggu hasilnya,, dan pagi itu saya menerima sms dari GMC, disitu tertulis 10 nama orang yg lulus dalam seleksi tahap 2.. Puji syukur kepada Allah, nama saya ada disalah satu 10 nama itu, saya sangaaaaaaaaaaat senang sekali, karna perjuangan saya tidak sia-sia setelah ap yg terjadi di ujian tahap 1 yg membuat saya down, akhirnya saya bisa membuktikan bahwa aku bisa.. I CAN DO it J. Kalau kita mau pasti ada saja jalan untuk kita.
Setelah itu kami semua yg lolos kembali dilatih langsung oleh kepala animator di MD Animasi. Untuk mengerjakan latihan” untuk mengasah kemampuan kami. Setelah sekian minggu akhirnya kami diberangkatkan ke Jakarta untuk memulai hal baru.. yang slama ini saya dan teman” kami perjuangkan. Kita menjadi karyawan di sebuah perusahaan produksi film Animasi Indonesia yaitu MD Animasi.
Dan tidak cukup sampai disini perjuangan kita sobat.. sampai saat ini detik ini saya masih terus berjuang berkarya untuk memberikan karya” yg layak untuk dinikmati seluruh pemirsa dirumah..
Itulah sekilas dari cerita saya semoga bermanfaat. Satu hal yg saya pelajari, dalam suatu usaha itu pasti ada jatuh bangunnya,, suka duka,, jangan putus asa jangan patah semangat jika kamu  ingin.  Karna yg bisa mewujudkan keinginan kamu dialah kamu, bukan orang lain. J Salam sukses

 ======================
Novia Nurrohmah

Nama saya Novia Nurrohmah. Saya alumni SMK N 6 Surakarta lulusan tahun 2012/2013. Saya mengambil jurusan multimedia dan berada di kelas XII Multimedia 2. Di sini saya menimba ilmu yang berhubungan dengan tekhnologi multimedia seperti fotografi , animasi , desain , broadcasting dsb. Banyak hal yang saya dapat dari jurusan ini. Dan berkat bimbingan arahan serta rekomendasi dari guru sekaligus Kapro ,  kini saya telah bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan multimedia di bidang animasi yakni di MD Animation Indonesia yang meluncurkan serial animasi Adit dan Sopo Jarwo. Di sini saya masuk dalam tim 3D Layout atau bisa dibilang sebagai kameramen 3D. Terimakasih SMK 6 , terimakasih Pak Darsono (Pak Son) serta terimakasih seluruh guru Multimedia yang telah mendo’akan mengajari dan membimbing kami selama 3 tahun dengan sabar J. SMK BISA !!
                              ==============================================
Nina Yulianti,


Saya Nina Yulianti, alumni XII Multimedia 1 SMK N 6 Surakarta. Sebelumnya saya tidak begitu memahami animasi saat sekolah, bahkan saya terbilang ‘tidak menyukainya’.  Langkah awal saya memilih animasi sebagai pekerjaan berawal dari kursus yang diadakan oleh pihak GMC Solo yang mengajak anak anak Solo untuk mengikuti pelatihan animasi selama 4 bulan yang apabila siswanya lulus, akan di rekrut oleh PT MD Eltra Animasi atau MD Animation.
Bulan Mei setelah perpisahan, saya mengikuti pelatihan di GMC, selama 1 bulan, lalu dipindah ke BBLKI dengan alasan fasilitas yang lebih memadai dengan syarat hanya 40 orang yang lulus beberapa test yang diadakan oleh pihak GMC, dari bulan Juni sampai September. Setelah selesai dengan pelatihan, dan diadakannnya test lagi untuk mencapai tahap berikutnya, ternyata hanya 10 orang yang bisa lulus dari test tahap II tersebut, dan mematangkan ilmu selama 3 bulan sembari menjalani test tahap III yang di remote langsung dari MD Animation. Walaupun saya belum dinyatakan lulus, tapi saya masih ke sanggar untuk berlatih animasi lagi, walaupun sendirian. Beberapa minggu berjalan, saya terpilih menjadi tim animator untuk mengerjakan projek dari Cleo Animation Jogja bersama ke 4 teman saya, yang 3 dari mereka juga alumni SMK N 6 Surakarta.
Bulan Januari 2014, kesepuluh teman saya dinyatakan berangkat ke Jakarta. Saya masih menjadi Tim Animator Jogja. Bulan Februari, ada info dari pihak MD Animation mengadakan test Interview untuk yang belum lolos tahap II, saya bersama ke 5 teman saya dan beberapa senior di tempat pelatihan ke Jogja untuk mengikuti test tersebut, dan pada akhirnya hanya saya, senior saya dan kedua teman saya  yang lolos test tersebut. Tapi setelah mengadakan pertimbangan, teman saya yang  1 memilih untuk bekerja sebagai Desainer Grafis di Kalimantan.
Bulan Februari akhir, saya dan teman saya, mengikuti test MD, sembari menjadi Animator di projek Cleo, sebenarnya kami bukan hanya mengikuti test tapi istilahnya kami di Training di sini, tapi tetap dalam pengawasan pihak MD Animation.
Seiring berjalannya waktu teman saya mulai jenuh dan memilih keluar, dan mencari pekerjaan. Sedih memang harus kehilangan teman seperjuangan, tapi apa boleh buat mungkin memang saya harus melanjutkannya bersama senior saya. Dan bertambah 1 orang dari Semarang yang mengikuti test tersebut. Sebenarnya banyak sekali yang meragukan keberangkatan saya, banyak yang tidak percaya saya bisa. Tapi saya tetap yakin  akan diri saya sendiri, oleh karena itu saya tetap bertahan mengikuti test tersebut.
Empat bulan berlalu, Juni akhir saya dinyatakan lolos dan berangkat ke Jakarta bersama kedua teman saya.  Tapi ditempatkan di divisi berbeda dari teman teman saya sebelumnya, lokasi kantor pun berbeda, saya ditempatkan di MD Animation Kuningan, divisi Visual Effect dengan jabatan Animator VFX dan dipercaya untuk merangkap sebagai Traffic Animator, banyak sekali yang masih harus saya pelajari dan perjuangan tidak berhenti sampai disini.                                                                                                                                  
================
Siti Muslimah alumsi SMK N 6 Surakarta tahun 2013 tepatnya kelas MM 1


Assalamualaikum Wr Wb,.. Hai, Kenalin aku Siti Muslimah alumsi SMK N 6 Surakarta tahun 2013 tepatnya kelas MM 1.
            Aku pertama kali kenal Animasi itu pas SMK tapi itu animasi 2d, tapi dari animasi 2d kurang lebih tahu lah apa itu animasi. Lebih kenal animasi lagi saat ikut Pelatihan animasi 3d di GMC, yg kebetulan saat itu mengadakan presentasi ke SMK sebelum tes kelulusan. Dari pada bingung-bingung cari kerjaan, aku memilih untuk ikut pelatihan yang katanya setelah lulus pelatihan selama 2-3 bulan langsung di tempatkan di MD Eltra Animation.
            Ternyata Pelatihan Animasi tidak semudah yg dibayangkan. Dunia Animasi itu seru tapi butuh kesabaran dan ketekunan. Akhirnya setelah menjalani pelatihan di GMC selama 1 bulan kami dipindah pelatihan ke BBLKI. Sebenernya sama di BBLKI dan GMC cuman tempatnya yg beda, dan asrana yg lebih memadai  tapi materi dan trainer tetep sama. Dari Pelatihan ini saya lebih mengerti dasar-dasar animasi . Setelah pelatihan selama 2 bulan, akhirnya MD melaksanakan Test untuk masuk ke MD. Tapi sayang di tes pertama ini aku gagal, tapi aku dan sebagian teman masih berjuang dan berlatih di GMC selama beberapa bulan,  karena ketidakpastian kapan diadakan tes lagi maka aku dan sebagian teman  memilih untuk tidak melanjutkan pelatihan.
            Dan akhirnya akhirnya aku off dari pelatihan dan memilih bekerja. Setelah 11 bulan bekerja aku dapat info dari pelatihan bahwa akan diadakan test lagi dari MD. Akhirnya aku mengikuti test tersebut walaupun nggak yakin bakal lolos sih, tapi kan yang namanya usaha itu kan perlu dicoba. Pada saat tes dari 10 orang yg mendaftar hanya ada 6 orang yg datang, pada saat tes kami sampai menginap karna waktu test yg terbatas. Setelah beberapa hari akhirnya aku dapat kabar kalau kami semua lolos tes tapi harus masuk  MD Training Center  agar ilmu animasi kami lebih mateng. Dan kami harus menunggu satu bulan lagi untuk berangkat. Banyak yg meragukan kami akan berangkat, tapi dengan keyakinan dan positive thingking, akhirnya kami tetap menunggu. Sampai akhirnya aku dan teman-teman berangkat pada tanggal 28 Agustus 2014.
            Di  MD Training Center  ( MD TC) aku mendapat ilmu yg lebih mateng tentang animasi, dan dapet trik-trik animasi yg keren, yang gak aku dapet dari pelatihan di solo. Dan tentunya dengan metode pengajaran yg lebih tegas dan disiplin, Saking tegasnya kami sering dimarahi, tapi kami tetep bertahan di TC.  Setelah Satu bulan lebih di TC akhirnya kami masuk ke Produksi dan dimasukkan devisi yg berbeda-beda, kebetulan aku masuk  ke devisi Layout. Layout adalah divisi yang mengatur tata letak kamera, kalau dalam dunia film disebut kameramen. Ini belum menjadi akhir perjuanganku, Ini adalah awal untuk memulai Perjuangan baru, terus  menambah ilmu, bekerja keras  dan  menambah pengalaman.
Maju Animasi Indonesia, Terus Berkaya dan  Mengharumkan Nama Bangsa,.. ^_^



Intan Tri Murn

Hai gaes,  Saya Intan Tri Murni biasa dipanggil Intan, eks MM 2 *yeah*
semasa sekolah di SMK biasa lah, layaknya murid lainya, apa yang sekarang bro n sist rasakan di SMK dulu pernah saya rasakan hahaha, jadi nikmatin masa-masa sekarang, ntar kalo sudah merasakan dunia kerja seperti saya bakal kangen dengan suasana SMK ( diluar tugas-tugas dan deadline yaah,, haha *piss bu pak guru*)
lulus dari SMK N 6 Surakarta Tercinta saya lanjut ke pelatihan GMC , pelatihan 3D animasi gt deh, skip aja deh ya tentang gmana saya bisa tau GMC itu, intinya yang memperkenalkan GMC waktu itu Pak Son *thanks pak :3* ditanya masalah suka duka di GMC, ada suka ada duka, dan satu lagi ada sakit hatinya hahahah, dari GMC kurang lebih 1 bulan, saya dikirim ke BBLKI, sama saja sih, di BBLKI masih tentang pelatihan animasi, semua sama yang berbeda cuma tempat dan peraturanya, di BBLKI 2 bulan, selanjutnya lulus dari BBLKI saya balik lagi ke GMC 1 bulan, kemudian tidak ada kepastian dari GMC, saya memutuskan untuk keluar. keluar dari GMC sekitar 7bulan kemudian kira-kira bulan Juli 2014 saya dapat kabar dari GMC bahwa akan diadakan test ke MD Animation, yah saya sudah tidak terlalu percaya dengan GMC saya ikut test juga cuma iseng, eh gataunya iseng-iseng berhadiah, saya ketrima di MD Animation, walau harus masuk Training Center (TC) dulu.
waktu yang di tentukan untuk berangkat ke Jakarta pun tiba, waktu itu ada 5 orang yg berangkat ke Jakarta bersama saya, Siti, Ita, Pepi (Siswi SMK 6) Soni dan Alba (orang GMC). sampai di Jakarta, saya masuk ke TC dulu, jadi belum bisa ikut produksi. lebih disiplin selama training di MD Animation *pelatih di TC galak banget* di TC saya sebulan lebih 1minggu, setelah itu pembagian divisi, saya masuk ke divisi Layout, sekedar info nih yang belum tau, layout itu apa sih? singkatnya Layout adalah penataan camera, jadi bisa dikatakan cameramen gt deh. anak-anak Multimedia pasti pada tau, yang ga tau tanya mbah google :))
sekarang, saya masuk Team 3D Layout Artist MD Animation, suasana disini? seru, banyak orang-orang berbakat dalam hal 3D Animasi yang keren-keren *yeaahh*. ada beberapa artis juga yang sempet datang ke kantor. saya baru mulai perjuangan saya untuk berkarya di MD Animation. kalo ada yg pengen tau karya team MD Animation liat saja "Adit dan Sopo Jarwo", "Tendangan Halilintar" dan tunggu serial animasi selanjutnya hahaha....
oya MD Animation sudah buka sekolah animasi di solo, yg berminat bisa langsung aja cari infonya. :)) dijamin bukan tipu-tipu *ups* hahahah
terimakasih buat guru-guru SMK N 6 Ska tercinta,,, entah ibu bapak guru masih ingat saya atau tidak, yang pasti ibu bapak guru selalu saya ingat dengan sejuta tugas dan ulangan nya #ehh , dengan sabarnya membimbing saya walau banyak yang membimbing saya dengan omelan *ups* hehehe, yang tidak bosen selalu mengingatkan tentang deadline tugas-tugas (saya yang bosen malah) wkwkwkw. begitulah kelakuan anak SMK :)) i love you ibu bapak :') .  sekian cerita saya yang mungkin sedikit membosankan dan bikin ngantuk, saya saja nulis sambil ngantuk *hoam*


1 komentar:

Unknown mengatakan...

SMK Bisa….
Anda Lulus Tingkat Atas (SMA-SMK-MA) D1, D3 di semua jurusan juga bisa. Anda semua ada kesempatan untuk mengikuti seleksi calon Animator Indonesia, bertaraf International. Kuliah singkat Jurusan Khusus Animasi (hanya 6 bulan) Lulus sesuai kebutuhan Industri Animasi, langsung Kerja. GMC Animation – Sanggar Animasi Jln. Malabar Raya No. A-03 Mojosongo Solo. Pusat Pelatihan Animasi sudah banyak menelurkan Animator berkelas dan berkuwalitas tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Kuliah Jurusan Animasi hanya 6(enam) bulan. Bukan 1 tahun, 3 tahun, apalagi 4 tahun, terlalu lama bagi anda yang ingin segera berkarya. Gelar S1, S2, S3 bagi seseorang adalah penting. Karena sebuah gelar merupakan kebanggaan serta wujud prestasi yang telah dicapai. Tetapi bagi sebuah Industri Animasi, Skill dan hasil karya jauh lebih penting. Siapkan masa depanmu yang lebih baik dari sekarang. Segera gabung bersama GMC Animation – Sanggar Animasi Solo. Anda Pasti BISA…. Kuliah singkat di GMC, Hemat waktu, Hemat biaya.. Tanggal 9 Mei Pelatihan di mulai. CP: 08121511707v- 085229906598


Posting Komentar